PELATNAS 2 TOKI 2017 DI INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUN NOVEMBER, SURABAYA

Kegiatan Pelatnas tahap 2 Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) 2017 dilaksanakan pada Kamis, 15 Februari 2017 hingga Sabtu, 11 Maret 2017 di Teknik Informatika Institut,Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Kegiatan ini berlangsung selama tiga minggu dengan berbagai agenda kegiatan.

pelatnas2-2017 small2

Kegiatan Minggu I
Kegiatan latihan minggu pertama diawali dengan pembukaan oleh pembina selama Pelatnas 2, Bapak Rully Soelaiman. Pak Rully memberikan pesan untuk bersungguh-sungguh berlatih dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya termasuk memanfaatkan kesempatan untuk bertanya pada pembina maupun asisten yang mendampingi peserta selama Pelatnas 2 berlangsung. Kegiatan dilanjutkan dengan pembagian kelompok untuk Fun Contest serta berkenalan dengan asisten pendamping setiap kelompok.

Kegiatan latihan dilakukan setiap hari dengan jadwal pagi pengerjaan soal oleh peserta secara mandiri dan pada siang hari dilakukan pembahasan soal-soal oleh asisten sesuai dengan algoritma yang sesuai dengan penyelesaian soal-soal tersebut. Setelah pembahasan, peserta mengerjakan soal-soal kembali sesuai dengan penyelesaian yang paling optimal (repeating).

Pada Sabtu, 18 Februari 2017 peserta berada di kampus hingga pukul 9 malam untuk mengikuti TOKI Open Contest 2017 yang dilakukan sebagai latihan sekaligus penilaian performa perserta pada Pelatnas 2. Keesokan harinya, beberapa peserta beserta pembina dan asisten berwisata kuliner mencoba aneka makanan khas yang ada di Kota Surabaya.

Hari-hari berikutnya difokuskan kepada penyelesaian dan pembahasan materi TOKI yang harus dikuasai oleh peserta. Pada hari Rabu, 22 Februari 2017, dilakukan Kuis I yang dilakukan sebagai salah satu penilaian utama Pelatnas 2.

Kegiatan Minggu II
Kegiatan minggu kedua tetap dilaksanakan sesuai dengan jadwal sehari-hari yang meliputi pengerjaan mandiri, pembahasan, dan repeating soal yang belum diselesaikan peserta. Pada hari Rabu, 1 Maret 2017 dilakukan Kuis II untuk mengetahui kemampuan peserta terhadap materi yang diberikan selama 2 minggu peserta berada di Pelatnas 2.

Pada minggu kedua ini dilakukan juga kegiatan refreshing yang dilakukan setelah Kuis II. Peserta, pembina, dan asisten diajak berkeliling Surabaya dan mengunjungi monumen bersejarah di Surabaya, Monumen Kapal Selam. Di Monumen Kapal Selam ini Tim TOKI diperlihatkan interior dalam kapal selam dan menonton diorama yang menceritakan sejarah serta perkembangan kemaritiman Indonesia. Setelah menonton diorama, panitia mengadakan kejutan untuk peserta yang berulang tahun selama Pelatnas 2 berlangsung.
Sabtu, 4 Maret peserta mengikuti Croatian Open Competition in Informatics sebagai kegiatan latihan.

Kegiatan Minggu III
Setelah kegiatan latihan dan refreshing di minggu 1 dan 2, peserta harus kembali berfokus pada kompetisi karena pada minggu 3 ini akan diadakan simulasi dan evaluasi. Hasil evaluasi akan menentukan siapa saja yang berhak untuk lolos ke Pelatnas Tahap 3.

Simulasi dan evaluasi dilakukan pada hari Rabu, 8 Maret 2017 dan Jumat, 10 Maret 2017. Dari hasil latihan harian, kontes, dan simulasi, akan diputuskan 8 peserta yang lolos ke Pelatnas Tahap 3.

Penutupan Pelatnas
Penutupan acara Pelatnas 2 TOKI 2017 sekaligus pengumuman 8 peserta yang lolos ke seleksi tahap berikut dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 Maret 2017 di Kampus Fakultas Teknik Informatika ITS Surabaya.

Penutupan dihadiri oleh seluruh panitia, Pembina TOKI dan para pejabat dari Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal pendidikan Dasar dan Menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ibu Inggriani, selaku ketua Tim Pembina TOKI dalam acara penutupan menyampaikan bahwa para siswa memang dibentuk untuk menjadi “petarung” oleh karena itu, para peserta harus memiliki jiwa pantang menyerah dan selalu memiliki usaha keras untuk mencari solusi pemecahan masalah yang terbaik.

Bapak Asep Sukmayadi, yang mewakili Direktur Pembinaan SMA, Kemdikbud menyampaikan bahwa para siswa olimpiade sains adalah siswa-siswa terpilih yang telah menjadi bagian berita positif bagi dunia pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu para siswa nantinya ketika kembali ke sekolah dapat menularkan dan menjadi pendorong/motivator bagi kegiatan-kegiatan positif di sekolahnya.

Di akhir acara penutupan, diumumkan 8 peserta yang berhasil lolos ke babak Pelatnas 3, yaitu :
1. Kezia Sulami, SMAK IPEKA SUNTER, Jakarta
2. Febriananda Wida Pramudita, SMA TARUNA NUSANTARA, Magelang
3. Yehezkiel Raymundo Theodoroes, SMA KATOLIK RAJAWALI, Makassar
4. Steven Wijaya, SMAS KANISIUS, Jakarta
5. Muhammad Indra Ramadhan, SMAN 34 JAKARTA , Jakarta
6. Alfian Fuadi Rafli, SMAN SBBS GEMOLONG, Sragen
7. Reynaldo Wijaya Hendry, SMAS MAITREYAWIRA, Batam
8. Naufal Pratama Tanansyah, SMAN 8 JAKARTA, Jakarta

Pembinaan lanjutan (Pelatnas 3) akan dilaksanakan pada bulan April-Mei 2017 di Institut Pertanian Bogor, untuk menyaring lagi menjadi 4 siswa terbaik yang akan mewakili Indonesia dalam ajang International Olympiad in Informatics 2007 yang akan dilaksanakan di Teheran, Iran pada bulan Juli 2017 yang akan datang.

Viva TOKI
Go Get Golds !

Surabaya, 12 Maret 2017
TOKI Biro ITS